Skip to content
Home » Blog » KiriminAja dan Sebentuk Kemudahan Pengiriman Bagi Siapa Saja

KiriminAja dan Sebentuk Kemudahan Pengiriman Bagi Siapa Saja

Hari sial memang tak pernah tercatat dalam kalender manapun. Begitu pula hari ketika Melati mendengar derap langkah seseorang memasuki pekarangan rumahnya sembari melengkingkan nada khas:

“Misi. Pakeeeeet!”

Rasa ketika menanti paket datang dan membuka paket merupakan kebahagiaan instan yang semestinya dirasakan Melati hari itu. Namun, siapa sangka, paket berisi poster idola yang tersobek oleh kurir menandakan tercabik-cabiknya hati penggemar lantaran nilai barang menjadi turun drastis.

Melati adalah kawan saya. Ia menjadi satu dari sekian banyak konsumen dengan nasib kurang beruntung. Paket rusak, nyasar, telat, dibobol, tidak bisa dilacak hingga tak kunjung sampai tujuan− bak deretan ‘penyakit akut’ dunia ekspedisi barang.

Apapun bentuknya, yang jelas itu merugikan tak hanya dari sisi konsumen, melainkan juga dari sisi penjual. Karena ya, sebagai konsumen, Melati bisa saja meninggalkan review buruk dan enggan melakukan pembelian berulang meski produk yang dijual oleh seorang seller sebetulnya berkualitas baik dan dikemas secara rapat.

Lain Melati, lain pula dengan Bu Mawar. Bu Mawar adalah penjahit langganan saya yang memiliki usaha online jam custom. Bersama sang suami, pasangan paruh baya ini kerap mengantarkan pesanan COD (Cash On Delivery) dalam kota.

Bisnis jam custom Bu Mawar di Instagram. Dokpri.

Saat saya tanya apakah tidak lelah seharian memasang payet disambung COD, Bu Mawar hanya menjawab ringan, “Ya gimana, mbak, ini semua juga demi cucu.”

Diberi anugerah dua cucu kembar yang manis dengan salah satunya mengidap paru-paru bocor, membuat Bu Mawar kian gigih menjalani bisnis barunya ini.

Ia tahu bahwa sistem bayar di tempat atau COD ini sedang digandrungi oleh masyarakat Indonesia. Angkanya sebesar 83,11 persen menurut data BPS tahun 2021.

Berbekal sistem COD, pasutri paruh baya ini tak gentar oleh nasib. Mereka justru tengah berusaha mendulang rezeki sampingan yang telah dititipkan Tuhan.

“Kadang kalau saya capek banget, bapaknya COD sendiri,” sambungnya penuh senyum.

KiriminAja, Aplikasi Kirim Paket No. 1 di Indonesia

Apa yang dialami Melati dan diperjuangkan Bu Mawar cukup menggambarkan betapa jasa ekspedisi barang tak terelakkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Melati menginginkan barang-barang yang ia pesan di toko online sampai dengan aman dan selamat. Di sisi lain, Bu Mawar memimpikan kemudahan pengiriman ketika merintis bisnis kecilnya.

Beruntungnya, sekarang ada KiriminAja, platform ekspedisi dengan sistem satu pintu yang memudahkan masyarakat dalam pengiriman paket yang aman, terpantau, dan efisien dengan metode COD maupun non-COD. Platform ini berada di bawah naungan PT. Selalu Siap Solusi yang memiliki komitmen untuk menjadi solusi penyaluran barang yang integratif dan efektif bagi UMKM, wirausaha online, dan masyarakat umum.

Penasaran, apa saja kelebihan aplikasi KiriminAja? Yuk, simak!

Multi Ekspedisi, Multi Variasi

Keuangan masih dalam tahap perjuangan? Eits, tenang! Di platform KiriminAja, pengguna bebas memilih ekspedisi terpercaya sesuai kebutuhan masing-masing. Ada JNE, SiCepat, J&T, Anteraja, GoSend, Grab, Paxel, SAP, JDL, Sentral Cargo, NCS, IDExpress, dan jajaran ekspedisi tersohor lainnya yang bisa kamu cap cip cup sesuai budget dan radius kedekatan lokasi.

Tersedia juga layanan kurir yang beragam. Mulai dari pengiriman instan, sameday, next day, reguler, ekonomis hingga kargo.

Jualan keliling Indonesia via internet? Siapa takut! Karena KiriminAja menjangkau titik pengiriman se-Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke. Dari Usaha Kecil Melulu (UKM), bisa jadi Usaha Kecil Milyaran *eh.

Fasilitas Jemput Paket

Bisnis rintisan kerap dimulai dengan pengelola tunggal. Hal ini terkadang membuat owner kewalahan saat order banyak berdatangan dan menuntut pengiriman segera, tetapi sumber daya yang dikerahkan hanya dirinya seorang.

KiriminAja memfasilitasi penjemputan paket (pick up) ke lokasi penjual secara gratis tanpa batas minimal pengiriman. Owner bisnis seperti Bu Mawar tentu akan sangat terbantu lantaran bisa fokus menjahit sembari tetap mengirimkan pesanan dengan tepat waktu.

Bisa COD dan Non-COD

Kamu tim bubur diaduk atau enggak? Masih jadi perdebatan sengit.

Kamu tim COD atau non-COD? Gak perlu memilih! Karena kamu bisa pilih dua-duanya, lho!

Tinggal aktifkan akun KiriminAja hingga terverifikasi, lalu voila kamu bisa pakai layanan COD. Fitur ini cocok sekali untuk para pelaku bisnis yang menjajakan produknya melalui media sosial dan website, tanpa marketplace.

Apalagi, ada fitur COD Advance yang memungkinkan pencairan cepat dana hingga 50 persen saat barang masih dalam proses pengiriman. Wah, seller auto tenang ya?

Otomatis dan Terpantau

Seluruh aktivitas pengiriman paket tercatat otomatis di sistem KiriminAja. Fitur ini bisa digunakan untuk mempelajari riwayat pengiriman guna memudahkan audit bisnis.

Jangan salah, dengan sistem penginputan otomatis ini juga memudahkan pengirim dan penerima paket dalam melakukan pelacakan (tracking) lokasi secara akurat dan mengetahui status pengiriman hanya dari satu aplikasi. Dijamin, hati tentram, #BisnisJadiTenang !

Siap Sedia 24/7

Seperti yang sering digaungkan oleh para petugas kesehatan di Puskesmas, mencegah lebih baik daripada mengobati. Semisal, kita telah memantau paket di KiriminAja dan terasa ada yang ganjil. Seperti paket nyasar ke alamat palsu, paket tertukar, dan ingin mengajukan pengembalian (return).

Maka, tak perlu khawatir! Sebab, ada customer service KiriminAja yang siap sedia 24 jam membantu kendala proses pengririmanmu.

Dengan fasilitas ini, kawan saya, Melati, dapat meralat nasib posternya. Menelepon CS KiriminAja untuk mengadukan kerusakan paketnya selama perjalanan sehingga kemudian ia akan mendapat retribusi yang sepadan.

Photo by @kriminaja_official on Instagram.

Pembayaran Antiribet dan Pencairan Dana Sat-set

KiriminAja mendukung pembayaran digital yang antiribet. Ada beragam pilihan yang ditawarkan. Mulai dari transfer bank, kartu kredit, hingga e-wallet yang meliputi OVO, DANA, LinkAja, ShopeePay, hingga QRIS. Praktis dan tentunya aman, bukan?

Butuh dana cepat untuk memutar roda bisnis? Gak perlu khawatir! Karena KiriminAja memberi keleluasaan owner bisnis untuk mencairkan dana setiap hari (24/7) tanpa dikenai potongan biaya apapun. Wah, mantep banget!

Yuk, Daftarin Bisnismu di Aplikasi KiriminAja

Udah kebayang sehebat apa aplikasi KiriminAja? Yuk, cus daftarin bisnismu dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Unduh aplikasi KiriminAja di Google Play dan Apple Store di ponselmu. Atau buka website kiriminaja.com dan klik “Daftar Gratis”.
  2. Isikan data sesuai form.
  3. Verifikasi dengan KTP dan nomor rekening. Jangan lupa pastikan nama yang tertera di KTP dan nomor rekening sama ya!
  4. Selesai! Kamu berhasil membuat akun KiriminAja.

“Haduuuh, Ra, tapi hape saya suka lemot kalau instal aplikasi baru.”

Tenang saja! Aplikasi KiriminAja itu enteng banget. Ukurannya hanya sekitar 34 MB. Sudah gitu, tampilan dan tombol navigasinya simpel sehingga sangat mudah digunakan oleh pemula sekalipun.

Penutup

Melati dan Bu Mawar banyak mengajarkan saya perihal cara meladeni nasib yang terasa sial dan tanpa asa.

How ever slow… sail on, captain!

Namun, dengan KiriminAja, siapa sangka orang-orang seperti Melati dan Bu Mawar akan banyak tertolong. Melati akan bersuka cita menyambut kedatangan paket-paket berikutnya dan Bu Mawar akan berbahagia selama merintis usaha kecilnya. #BisnisJadiTenang dan aktivitas pengiriman barang lancar jaya.

Bersama KiriminAja, yuk sama-sama connect to make an impact! Menjadi manfaat bagi siapa saja.

Udah tenang, KiriminAja! 😊

Photo by @kriminaja_official on Instagram.

**

Sumber ilustrasi: Freepik & Vecteezy.

Olah grafis: dilakukan mandiri oleh penulis.

 

Referensi

[1]: Annur, C. M. 2022. Survei: Mayoritas Pelaku Usaha E-Commerce di Indonesia Gunakan Pembayaran Tunai COD. Databoks.

[2]: KiriminAja. 2023. Web resmi.

[3]: KiriminAja. 2023. Instagram @kriminaja_official.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *